no-img

IKIP PGRI Malang yang menjadi cikal bakal Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) berdiri sejak tahun 1975. Setelah 42 tahun berdiri, berdasarkan analisis SWOT ditetapkan visi Unikama “menjadi perguruan tinggi yang unggul pada tahun 2025”. Yang dimaksud “unggul” di sini adalah proses pembelajarannya berbasis ICT, model pembelajarannya inovatif, membentuk pola pikir tingkat tinggi mahasiswa, sumber daya manusia dan sarana pembelajaran yang memadai dan berkualitas, hasil penelitian dan pengabdian  unggul, dan lulusan yang unggul terutama di tingkat regional Jawa Timur.

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka misinya 1) Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis IPTEKS, 2) Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan IPTEKS, 3) Menyelenggarakan Abdimas untuk kesejahteraan umat, dan 4) Menyelenggarakan tata kelola dan iklim organisasi yang berkualitas.

  Mengacu pada visi sebagai perguruan tinggi yang unggul pada tahun 2025, Unikama harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Adapun untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi diperlukan beberapa hal, antara lain: kurikulum program studi harus relevan dengan kebutuhan masyarakat, sistem dan proses pembelajaran yang berkualitas baik secara kurikuler maupun non kurikuler yang tidak hanya menekankan pada penguasaan hard skill namun juga soft skill, sarana dan prasarana belajar memadai sesuai kemajuan teknologi informasi, dan masukan mahasiswa juga yang berkualitas. 

Semakin ketatnya tingkat persaingan dalam memperoleh pekerjaan memerlukan upaya yang sungguh-sungguh untuk membantu mahasiswa, calon lulusan, dan alumni agar memperoleh pekerjaan secara cepat dan sesuai dengan kompetensinya. Oleh karena itu Unikama membentuk Pusat Pengembangan Karir (PPK Unikama) yang memiliki fungsi antara lain 1) membantu mahasiswa dalam menentukan karir/pekerjaan yang diinginkan sejak dini, 2) meningkatkan softskills dan keterampilan praktis calon lulusan untuk menghadapi dan memperoleh pekerjaan, 3) menyalurkan lulusan ke DU/DI, 4) membantu alumni terutama yang belum bekerja untuk memperoleh pekerjaan, 5) sebagai wahana penghubung lulusan dengan DU/DI dalam hal pekerjaan, 6) sebagai sarana penyebaran informasi pekerjaan untuk mahasiswa dan alumni, 7) membangun sistem dan model tracer study yang efektif dan efisien, 8) menyelenggarakan tracer study secara periodik untuk seluruh program studi, 9) menganalisis hasil Tracer Study untuk menjadi bahan rujukan dan pertimbangan fakultas, program studi, dan pimpinan universitas.

Struktur organisasi PPK Unikama berada langsung di bawah Rektor Unikama serta berkoordinasi dengan Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III dan Wakil Rektor IV agar koordinasi dan implementasi program, tugas, dan fungsinya berjalan lebih efektif dan efisien. PPK Unikama terdiri dari dua unit yaitu, Unit Pengembangan Karir dan Unit Tracer Study. Unit Pengembangan Karir akan menangani penyiapan dan pengembangan karir mahasiswa sejak dini, menyiapkan softskills dan keterampilan praktis calon lulusan, menyalurkan lulusan ke DU/DI sesuai dengan perjanjian, dan membantu alumni yang belum bekerja. Sedangkan Unit Tracer Study akan menangani berbagai hal yang berkaitan dengan tracer study, menyelenggarakan Tracer Study seluruh program studi, menganalisis hasil Tracer Study untuk menjadi bahan rujukan dan pertimbangan fakultas, program studi, dan pimpinan universitas.